07 April 2017

Etika menjadi penumpang kereta di Jepang

Etika menjadi penumpang kereta di Jepang

Kereta api adalah salah satu jenis transportasi yang sangat populer digunakan di Jepang, selain murah kereta api di Jepang selalu ontime sampai hitungan menit.
kereta sedang berhenti di station Tokyo



Buat turis yang mau menggunakan kereta api di Jepang, ada beberapa aturannya, seperti :
1. Dahulukan penumpang yang hendak keluar dulu.
Jadi penumpang yang akan naik kereta biasanya sudah berdiri rapi, antri dibelakang garis kuning. saat kereta tiba, penumpang yang mau turun diberi ruang, tertib sekali. Setelah yang turun sudah habis, baru kemudian penumpang yang naik mulai masuk sesuai urutan antri tadi. Gak rebutan. Kalau kamu berdiri ato mondar-mandir melewati garis kuning, kamu bisa dicurigai orang yang akan bunuh diri karena di Jepang sering metode bunuh dirinya dengan cara lompat ke jalur kereta.
2. Kursi prioritas untuk manula, ibu hamil, orang sakit dan mereka yang membawa bayi.
Untuk kursi prioritas ini selalu dibiarkan kosong walaupun tidak digunakan oleh mereka yang termasuk dalam list. agak berbeda dengan di Indonesia, klo gak dipakai biasanya tetep didudukin sama penumpang biasa, tapi klo pas ada penumpang prioritas mau duduk baru penumpang reguler nya berdiri.
station tokyo yang sangat sibuk

3. Dilarang menerima telepon.
Jadi klo kita sudah masuk kedalam kereta, tidak boleh menerima panggilan telpon, karna hal ini dianggap kurang sopan, mengganggu penumpang lain yang sedang membaca buku, tidur, ataupun yang sedang mikir. tapi kalo texting masih boleh. Orang di Jepang rata2 memaksimalkan waktu di kereta untuk membaca dan tidur.
4. Dilarang bercakap cakap dengan suara keras.
Klo mau ngobrol di kereta boleh asal tidak terlalu keras, sampai terdengar penumpang lain. bisik bisik aja.
station tokyo yang sangat sibuk

5. Dilarang makan minum.
Ini sudah jelas ya, tidak boleh sama sekali makan atau minum didalam kereta, kalau haus, silahkan minum sebelum naik atau setelah turun dari kereta. Jadi kereta bersih banget.
6. Dilarang merokok.
Diperon biasanya disediakan smooking room. Jadi klo kamu mau merokok harus diruangan itu, tidak boleh diperon apalagi dalam kereta.
7. Dilarang jualan didalam kereta.
Hehehe..klo kamu mau jualan jangan didalam kereta ya. kereta api di Indonesia juga udah tertib untuk pedagang asongan.

Kereta api di Jepang nyaman banget, on time, dan hangat (saat musim dingin lumayan menolong saya yang kulitnya tipis gak kuat dingin).

Happy Traveling.
Ayu
Post a Comment