15 March 2013

Japan Trip, Day 1

Sabtu, 02 Maret 2013

Perjalanan ke Jepang sebenernya dah dimulai dari hari kemarin. Saya dan Abie berangkat dari Pati-Semarang. lihat di sini

Pagi, setelah berbersih diri dan subuhan, kami leyeh-leyeh sebentar, sambil nunggu counter Airasia buka buat drop bagasi. Sekitar jam 7 kami turun ke lantai 1 buat drop bagasi di counter airasia untuk penerbangan internasional, bayar airport tax juga di counter ini, Rp.150.000,-/orang.









 Setelah verifikasi dokumen, drop bagasi, bayar airport tax, kami sarapan dulu di bakmi GM lantai 1.


Gerbang Immigrasi keberangkatan Internasional
Ruang tunggu keberangkatan internasional



Kebun sawit di Kuala lumpur


Markas Airasia di LCCT



Nanti pas masuk pintu kedatangan Internasional ada tangga naik dan ada pintu masuk disebelah kiri, buat yang transit aja pilihnya yang pintu sebelah kiri ini. Lapor di counter, di verifikasi data, dapet gate berapa, trus duduk di ruang tunggu. Yang bawa bagasi gak perlu ambil bagasi..soalnya dah connecting flight, jadi bagasi udah diurus ama maskapai nya.
counter transit

Ruang tunggu

Di lantai 2 juga ada banyak food court ama ada kursi pijetnya, tapi pas kami naik keatas kok berasa lebih panas dan gerah, mungkin pas lagi ada masalah di ac nya. Jadi kami pilih makan siang dibawah aja yang lebih adem.


Nasi Lemak Ayam bumbu rendang

Oya, klo ada rencana transit di Malaysia, sebaiknya sudah sedia ringgit secukupnya, buat maem di bandara ama klo mau jajan di pesawat, untuk food court di LCCT mereka umumnya cuma terima ringgit, klo di pesawat mereka terima  US dollar, Ringgit, Rupiah ama Yen..karena emang penerbangannya Indonesia-Malaysia-Jepang, tapi sayang klo nuker di pesawat, selisih harganya lumayan banget, makanya mending siap-siapin pas di Indonesia aja. Saya belum pernah nyoba sih, tapi berdasarkan pengalaman temen-temen yang udah-udah begitu.

Ruang tunggu gate T15 & T16

Toilet wanitanya yang lantai 1 pas saya disana..hmmm..agak jorok, mungkin karena yang make banyak banget yah, tissu toiletnya pada habis, petugasnya pas gak ada, antrinya bejibun, tissu bekasnya berserakan dilantai. Saya waktu itu malah nemu paspor dan boarding pass orang Indonesia tertinggal di toilet, langsung saya serahkan ke petugas yang jaga gate soalnya saya pas sudah disuruh naik pesawat.



Airbus A330-300, ganalnya pang..

Jarak Kursinya

Form Embarkasi

customs declaration form

Pre book meal Abie

My pre book meal
enakkk...tapi porsinya sedikit :(

Penerbangan dari Kuala Lumpur - Osaka sekitar 8 jam, selisih waktu Jepang dengan WIB adalah 2 jam. Baru pertama nyobain pesawat sebesar ini, pas touch down di landasan Kansai International Airport tu mantabbb bener...mulusss...soft..gak berasa banget..sampai pada tepuk tangan dah penumpangnya. Jago pilotnya mah..salutt..

Satu jam sebelum landing udah diumumin ama pilotnya, prakiraan cuacanya juga dikasih tau klo 3 derajat. makkk.. Trus lampu cabin pada dihidupin, ternyata penumpang pada siap-siapin baju dalem, jaket, syal, lotion, lipbalm bla bla..saya sama abie cuma saling berpandangan, kok mereka (penumpang lain) pada heboh gitu persiapannya yah?...apa dingin banget yah?, penumpang sebelah, cowok yang orang jepang, pake daleman+sweater+jaket wind breaker...waksss mereka bener-bener bikin kami was-was, karena kami hanya pakai kaos ama jaket gunung aja. Ya Allah..kami berserah padaMu..

Keluar dari pesawat, masuk "belalai gajah", trus naik shutlle train menuju pemeriksaan immigrasi. Petugas immigrasinya ramah-ramah, tar scan jari telunjuk kiri kanan ama di ambil foto wajah, trus ditanya berapa hari di Jepang, udah..kartu embarkasi kita disobek dan potongannya di staples di paspor, trus dapet sticker pengganti stempel. welcome to japan.

Setelah dari pemeriksaan immigrasi, turun tangga trus ambil bagasi, setelah itu masuk custom check, tar tas kita disini diperiksa disini, diperiksa detail barang-barangnya, saya bawa bandeng presto saat itu, tapi gak apa-apa, diperbolehkan lewat. disini cuma sebentar banget. trus boleh lewat dah. Alhamdulillah. oya, mulai masuk immigrasi ampe keluar custom check gak boleh ambil foto.

Welcome to Kansai .. Alhamdulillah
Toilet dijepang ada dua macem, yang traditional ama yang western style, ini yang western style, jadi bisa diangetin dudukannya, trus sempotannya ada yang buat pipis ama semprotan buat pup, bisa diatur tingkat kekencangan semprotannya. oya, ada tombol bunyi flushing juga..jadi bunyi air guyurang gitu..karena buat orang jepang klo kita pipis ato pup dan menimbulkan suara itu gak sopan...

Toilet Jepang dengan segala fiturnya

keluar dari Immigrasi..lengang..mo koprol sepuasnya boleehh..
Limosin Airport Bus Counter
Koban = Polisi

Informasi bandara
Segala tentang KIX ini lengkap bisa kita baca di brosur yang tersebar banyak di semua lantai, kami ke lantai 2F menuju bagian Informasi bandara, letaknya disebelah kantor polisi, antara lawson ama mcd, disini kami meminjam 2 selimut tebal buat tidur. Selimut ini dipinjamkan gratis, kita tinggal tulis nama pada lembar peminjaman, dan harus dikembalikan paling telat jam 6 pagi esoknya. Selimutnya bersih dan wangi.



Kami memilih tidur di depan Kantor polisi, agak silau disini, paling enak menurut saya ya didepan informasi bandara tadi, tapi disana sudah penuh. Wifi masih kenceng disini. Jam 12 tet, polisi ada sekitar 6 orang laki-laki dan perempuan mulai keluar dari kantornya, berpencar, ngedatangin dan mendata mereka yang pada tidur di airport, ditanya kapan penerbangan berikutnya, kenapa tidur disini..etc. setelah itu ngorok lah kami sampai pagi.

Ayu
Post a Comment