06 February 2013

Traveling ke Singapura..Part 1

Singapura adalah salah satu tetangga Indonesia. Buat yang baru mo nyobain traveling mandiri ke luar negri, Singapura bisa jadi tujuan awal buat pemanasan. Negara ini sangat tertata baik sistem transportasinya maupun sistem informasinya. Klo tersesat, tourist informations ada dimana-mana, jadi memudahkan para turis buat melenggang kangkung. Keliatan banget negri singa ini menggarap sektor pariwisatanya dengan sangat baik.

Pemerintah singapura mendisiplinkan warganya (juga turis/pendatang) dengan sistem denda. setiap peraturan yang dilanggar sudah dipampang dengan jelas berapa jumlah dendanya.Meludah di area umum, merokok, makan minum di MRT dll, semua diatur.

Hari itu dibulan april 2012, saya berangkat ke Singapura via Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Buat yang bawa kendaraan baik motor ato mobil sendiri, disekitar bandara ada kok parkir inap, setelah lampu merah bandara trus kiri jalan sebelum rel kereta api, buka 24jam. Biaya parkir inap sekitar bandara adisutjipto jogja waktu itu Rp.40.000/hari untuk mobil, motor Rp.10.000/hari. tempatnya pake atap, jadi mobil/motor kita gak kehujanan atau kepanasan. dan sama petugasnya mobil kita dibersihin. Pas nyetor mobil perasaan lumpurnya gak karuan bentuknya, pas mobil mo diambil dah kinclong..hehehe...petugasnya mungkin ngelus dada yah :p.

Tempat parkir inap deket Bandara Adisutjipto Jogja.



Masuk airport trus menuju ke counter check in Airasia. Sebenernya kami sudah melakukan online check in. tapi tetep harus lapor dulu ke petugas. Setelah itu menuju ruang keberangkatan internasional disebelah kiri klo dari pintu masuk. kebanyakan yang terbang bersama kami hari itu adalah mbak mas tki dan tkw.

Setelah masuk counter immigrasi bandara, dapet cap di paspor, trus dikasih Disembarkation/embarkation form. jangan khawatir, kadang klo gak dapet nanti di pesawat pramugarinya bakalan muter buat ngebagiin bagi siapa yang belom dapet. kartu ini diisi lengkap dan disimpan dengan baik, karena saat keluar dari singapura, kartu potongannya akan diminta lagi oleh pihak immigrasi singapura.

Kartu embarkasi

Kartu embarkasi

Touch down di Changi, seperti yang sering saya baca reaksi orang-orang tentang changi..yup, emang airport ini nyaman banget, bersih, semua petunjuk arah terpampang jelas, telpon umum berfungsi baik, air minum tersedia dideket restroom.


Pelabuhan

Singapura





Air minum dan telpon umum yang berfunsi baik.

Toilet bersih, automatic flushing begitu kita keluar. Jadi gak ada cerita lupa nyiram :)

Pengering tangan

Isi ulang air minum dulu.

Mau muter-muter dulu didalam airport juga gak apa-apa, setelah itu keluar dari immigration gate, loket immigrasinya banyak banget. Petugasnya nanya ke saya akan berapa hari di singapura, "3 hari" sahut saya. jedeg..distampel deh paspor dan kartu embarkasi saya, sambil tersenyum dia bilang, selamat datang di singapura, selamat menikmati liburan anda :). Mantab nya pak cik ini...

Free akses Internet

Tinggal liat petunjuk arah


yang mo belanja Bata.. :), loket immigrasi tinggal turun aja dari sini.
Loket Immigrasi

Welcome to Singapore
 Mrt yang akan saya gunakan ada di terminal  2 dan 3, sedangkan markas Airasia ada diterminal 1. untuk menuju terminal 2 kita bisa gunakan skytrain. Gratis. Kereta ini yang menghubungkan antar terminal satu dengan yang lain.


Ramenya macam pasar blauran..hehehe

Skytrain

menuju stasiun MRT Changi


Sebelum menggunakan MRT, kita harus beli kartu dulu, saya pakai Ezlink, kartu ini bisa di isi ulang dan berlaku sampai 5 tahun dari tanggal pemakaian pertama. jadi bisa disimpen klo besok kesingapura lagi :). Ada banyak pilihan kartu, tergantung kebutuhan kita apa. kartu ini juga bisa digunakan untuk bis. Tapi jangan lupa diisi ulang ya.
Loket pembelian Ezlink card



tinggal di tap ke gate

Peta jalur MRT bisa dilihat di www.smrt.com.sg.


Photo by: Setyo Pranoto

Bersambung...










Post a Comment