26 January 2013

Uang Palsu Di ATM BCA

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan penarikan uang melalui Atm Bca didekat rumah, disebuah spbu di Juwana. Saya sudah biasa melakukan transaksi di ATM tersebut, baik itu tranfer, bayar tagihan, maupun penarikan tunai, tidak pernah ada masalah.

Pada hari itu saya melakukkan penarikan tunai Rp. 400.000,- (Atm pecahan 100.000) jadi dapet 4 lembar uang pecahan 100.000. langsung saya masukan ke dompet. dan kerena menu yang saya pilih langsung ke pecahan yang tertera di layar sehingga saya gak dapet struk bukti transaksi. Beberapa jam kemudian saya belanja di Indomaret di daerah Kajen Pati, dan alangkat terkejutnya saya ketika kasir menolak uang 100.000 yang saya berikan dengan alasan uang tersebut palsu.


Setelah saya perhatikan memang uang tersebut warnanya berbeda dibandingkan dengan  ketiga lembar uang yang saya ambil dari Atm yang sama. Saya lalainya karena saya pikir uangan tersebut "fresh from" Atm yang pikir saya pasti sudah melalui seleksi dari pihak bank.

Saat itu juga saya langsung pingsan menghubungi Halo BCA 500888, melaporkan detail kejadian, waktu penarikan, jumlah penarikan dll, kemudian pihak Halo BCA mencatat detail nomer seri uang palsu tersebut dan menanyakan kemana saya mau melakukan penukaran. Saya pilih Bca cabang Juwana dan rencananya akan ke cabang tersebut tidak dihari yang sama karena saya kebetulan banyak kegiatan pada hari tersebut. Alhamdulillah mbak cs nya sangat membantu banget, saya disuruh datang ke kantor cabang yang sudah saya pilih dengan membawa uang palsu tersebut dan ktp asli guna melakukan verifikasi.

Beberapa hari setelah kejadian, saya datang ke Bca cabang Juwana seperti yang sudah saya pilih. langsung menuju bagian costumer service dilantai dasar. dan menyerahkan uang palsu dan ktp asli serta buku tabungan. kemudian cs melakukan verifikasi dan memberikan bukti lapor yang kemudian digunakan untuk bukti pengambilan uang bial sudah diganti.

Jadi begini penjelasan dari pihak Bca, bahwa semua Atm mereka serahkan ke pihak ketiga, saya lupa namanya, jadi uang palsu yang saya peroleh akan dikembalikan kepihak ketiga tersebut. saya dijanjikan akan dihubungi lagi maksimal 2 minggu dari tanggal pelaporan. nanti pihak Bca akan menghubungi saya apabila uang sudah sampai.

Tidak sampai 2 minggu saya ditelpon pihak Bca Juwana mengabarkan uang saya sudah kembali dan bisa diambil ke cabang.cuuussss...meluncur deh.

Alhamdulillah, lega rasanya, awalnya pengen marah..karena saya pikir bank akan tidak percaya sama saya karena saya tidak punya struk transaksi ketika melakukan penarikan. tapi semua tercatat kok di sistem mereka, karena dari awal  Halo Bca dan pihak bank nya baik jadi batal marah deh..hehehe.

Oke, jadi klo temen temen mengalami kejadian seperti saya, apalagi klo anak kost, udah akhir bulan, pas narik duit pas dapet uang palsu...hal pertama yang harus dilakukan adalah panik sepanik paniknya tetap tenang, trus telpon call center bank masing masing, biasanya tertera di pintu atm. laporin kejadiannya deh. Jangan pesimis dulu misalnya takut bank gak percaya karean kita gak punya struk dll. yang penting kita dah lapor, urusan tar langksh selanjutnya gimana tergantung bank nya kali yah.


Ayu


Post a Comment