22 January 2013

Cara bikin paspor

Berhubung jaman sekarang mau kemana-mana udah gak semahal jaman ibu bapak saya, terutama yang menggunakan maskapai penerbangan baik domestik maupun internasional, jadinya mobilitas manusia makin tinggi..mkin mudah juga.

Nah buat temen-temen yang ada keinginan buat "melihat" dunia..saatnya mulai nabung, terutama yang kantongnya pas pasan yah..macam saya :)


disini saya mau bahas untuk langkah awal memulai perjalanan ke luar negeri, klo perjalanan domestik tar di postingan yang lain.

Sebelum memulai merencanakan perjalan keluar negri, kita harus punya yang namanya paspor. Paspor ini adalah identitas kita yang berlaku overseas gitu..macam ktp lah..but paspor gak bisa dipake buat nyewa vcd di wahana yah..hehehe..#ngelantur, paspor juga gak bisa dipake buat narik ato nabung di bank walopun bentuknya emang mirip buku tabungan..#makinngelantur.

Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapin klo mau bikin paspor, antara lain:
1.Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku
2.Kartu keluarga
3.Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis
4.Surat izin dari instansi yang berwenang klo karyawan or pns
5.Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama
6.Surat keterangan dari kampus buat yang statusnya mahasiswa

jenis paspor sendiri ada beberapa, bisa di liat kesini http://www.imigrasi.go.id

Sekarang paspor bikinnya online, awalnya saya kira maksudnya online tuh kita gak perlu repot ke kantor immigrasi lagi ternyata enggak...jadi klo kita urus paspor online tetep harus ke kantor immigrasi, tapi enaknya yang online tuh jadi lebih cepat pelayannnya soalnya semua berkas berkas yang ditulis diatas udah di scan dan di upload, jadi petugas immigrasi lebih mudah buat verifikasi.

Berikut carnaya:
1.buka http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/PassportFormCustomer.jsp , trus isi sama persis seperti yang tercantum di ktp, ijazah maupun akte lahir.


kalo sudah diisi lengkap trus pilih "lanjut" tar munculnya seperti ini


Setelah itu dihalaman berikutnya tinggal di upload berkas berkas yang sebelunya sudah kita scan, gak perlu semua, yang kita ada aja.

  Nah klo sudah tar bakal muncul jadwal kapan kita harus ke kantor immigrasi terdekat, jangan lupa semua berkas yang udah di upload aslinya dibawa, karena biasanya petugas akan memverifikasi ulang. datang ke kantor immigrasi tar ambil nomer antrian, trus disuruh isi beberapa blanko disuruh copy dan beli map (bawa map sendiri juga gak apa). Nunggu bentar trus antri foto, setelah foto ada interview sedikit oleh petugas, nanyanya cuma seputaran mo kemana, buat apa bikin paspor, kerjanya apa dll..gak serem..klo saya kemarin malah petugasnya sok akrab nayain tempat makan yang enak dan kepo kepo yang laen..hehehe



Setelah itu nunggu di loket pembayaran, kemarin untuk kantor immigrasi Pati bayarnya Rp. 255.000. semua sudah tertera di papan ruang tunggunya kok. Setelah bayar nanti dikasih tanda terima dan tanda bukti pengambilan paspornya 3-4 hari kerja.

Jadi deh...simple kan :)

Selamat mencoba.

Dari hangatnya tepian laut jawa
Ayu

Post a Comment