15 May 2008

ALM H M Suharto

Jadi inget dulu jamannya alm Pak harto tuh gak ada acara antri minyak kaya sekarang. Padahal aku tuh sempet BT berat ama beliau n keluarga cendana yang super korup. memang...setiap pemimpin besar pasti akan membuat kesalahan besar.

entah apa jaman orba itu korupsi emang sedikit or emang gak ter expose aja. tapi menurut papah (yang sebenernya selalu gak setuju ama pak harto) jaman orba tuh emang pah harto n anak2nya korup semua, tapi pejabat2 tug gak banyak yang berani korup soalnya pak harto jahat jadi gak ada yang berani ngambil bagiannya. klo sekarang sih...mulai dari kelurahan sampai DPR pada berlomba2 (yah mungkin kita tetep berbicara oknum, tapi yang bener ama yang gak bener banyak yang gak benernya). KPK suah mulai menampakan taringnya nih..tapi klo HUKUM tetep bisa dikendalikan dengan UANG ya mau dikata apa.

Emang sih dulu utang kita banyak.. tapi rakyat kenyang..

Bantuan Langsung Tunai, Plat Kuning, Kuota Kendaraan Bermotor

BTL rencannya akan tetap diberikan hingga akhir desember 2008 per bulannya 100.000/KK. sebenernya BTL sendiri apakah tepat? hmm..tapi aku yakin bapak2 n ibu2 mentri juga presiden sudah paham bener soal masalah ekonomi dan solusinya ya. tapi menurutku (yang notabene gak paham soal ginian n asal bacot doang hehehe) BTL gak efektif, toh dengan naiknya BBM pasti sudah barang tentu diikuti dengan naiknya harga2 kebutuhan yang lain. Bener akhirnya akan mengurangi angka kemiskinan...karena rakyat miskin "tewas" tercekik harga2 yang selangit.

Hentikan BTL!!! cari solusi yang lebih bijak. Lagi2 BTL adalah imbas dari kenaikan BBM kan, hmm...kenapa harus naik? atau gini aja, oke gak apa naik.. asalkan :

1. kendaraan plat kuning tetep dapat subsidi, namun dijatah sesuai trayek dan dihitung perkiraan dalam sehari kemungkinan konsumsi berapa liter. trus dikasih kupon deh. jadi ongkos angkot gak naik, trus pada mau naik kendaraan umum semua, trus polusi berkurang..hehehe

2. berlakukan kuota peredaran kendaraan bermotor di Indonesia tanpa mengurangi produksi tentunya, tiap tahun dijatah aja yang beredar di Indonesia berapa, trus sisanya di expor aja. karena kenadaan pastinya butuh bahan bakar, dengan produksi yang banyak dan perdarannya banyak (apalagi kredit motor makin murah n mudah) sebenernya malah ngelatih rakyat makin konsumtif. jadi klo ada kuota + kreditnya gak terlalu mudah kan bisa irit BBM. menekan angka kecelakaan lali lintas dan polusi juga berkurang heheh GO GREEN!!!

3.penuhi kebutuhan BBM didalam negri dulu. setelah rakyat semua dah dapet baru berpikir buat expor2.


apalagi ya, hmm nti ditambahin dah, baru terlintas itu sih.

Kenaikan Harga BBM awal Juni

Kenaikan BBM yang diperkirakan sekitar 30% awal juni nanti semakin membuat risau rakyat. terutama rakyat miskin. Yah mungkin benar dengan kenaikan tersebut dikatakan akan "menyelamatkan" APBN dan mengimbangi harga minyak mentah dunia yang sudah gak karuan.

Demo dimana2, mulai dari ibu2 sampai mahasiswa. semua menjerit. Dan seperti kita ketahui bahwa BBM beberapa

bulan ini sulit didapatkan. Walau harga mau dinaikan sampai 15.000/liter ataupun mau dibuat 1.000/liter ya kalau stok tidak ada sama aja bohong.

Baksos kemarin aja sempat terhalang dengan langkanya solar di SPBU di balikpapan. Dah muter2 (kebetulan ambulannya pake solar)...selalu SOLAR HABIS!!!kalaupun ada antrinya gak ketulungan, mana truk2 besar pula. Alhamdulillah akhirnya dapet di pengecer di pinggir jalan.

Jrigen2 yang "baris" ngantri mitan aja udah ngalahin panjangnya naga ERAU (acara kebudayaan di Kutai). dan itu dah dari kapan yah. tiap bolak balik simpang gunung malang, ya tetep "mereka" masih pada nongkrong disitu.

Kalau elpiji sih alhamdulillah aman terkendali, minyak tanah sendiri mungkin distribusinya aja yang kurang merata ya. karena di beberapa tempat seperti di dam, bangun reksa, teritip klo nanya ama keluarga katanya mudah dapat mitan. nah lho..

Lain lagi cerita tentang lebih dari 14juta barel (bener gak yah, pokoknya segitu lah, lupa tepatnya berapa) BBM yang katanya "mandek" pengirimannya ke luar gara2 gak ada tankerny buat ngirim. ya iyalah..tangkernya dijual2 gitu. btw pak LS gimana nasibnya ya? udah vonis lom ya gara2 kasus tanker ntu..hmmm ktinggalan info.