18 May 2007

Sengketa Tanah Meruya Selatan Vs Porta Nigra

Alkisah 23 tahun yang lalu porta nigra (PN) memenangkan tuntutan terhadap 3 makelar tanah yang bertanggung jawab terhadap ratusan hektar tanah aset PN yang dijual kembali kepada beberapa perusahan properti. Memenangkan 44 hektar tanah di daerah meruya jakarta. Selama itu hingga tahun 1990 PN masih berurusan dengan pihak pengadilan. Dari pihak warga meruya sendiri kemudian mengelola tanah yang "terlantar" tersebut dan kemudian mengurus surat2 kepemilikan secara SAH.
Sebenernya sih bingung juga dengan kasus ini, yang mana yang bener tuh masih gak tau, karena masing-masing pihak mengklaim dirinya benar. Tapi klo dipikir, kenapa yang bersengketa jadi warga dengan pihak PN yang sebenernya kedua belah pihak tersebut adalah korban?? ya tho. Seharusnya ada pihak yang bertangung jawab, tapi siapa??Badan pertanahan??entah lah.
Jadi saat ini ada 1.200 lebih Kepala keluarga yang terancam untuk moved out dari tempat yang sudah mereka diami bertahun-tahun. Hingga saat ini mereka terus bejaga dilingkungan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kabarnya warga telah mendapat dukungan dari DPR dan DPRD bahkan Bang Yos berani pasang badan dalam hal ini.
Sedangkan PN, Siapakah PN?? profil lengkapnya sih lom dapet yah, baru dapet sekilas dari berita2 di TV. Sebuah perusahaan asing yang memiliki sekian ratus hektar tanah namun tidak tertera pajak yang mengatasnamakan perusahaan tersebut yang notabene kaya karena asetnya besar banget, kegiatan perusahaannya tidak terdengar puluhan tahun, alamat kantornya fiktif. etc. yang jelek2 lah.
Tapi kita tetep gak bisa percaya pada salah satu pihak saja. Tetep mereka berdua adalah korban dari pihak yang tidak bertanggung jawab.So, bagaimana perkembangan selanjutnya??Mahkamah Agung telah menetapkan keputusan untuk eksekusi tanggal 21 mei 2007 hari selasa. tapi anehnya lagi, baik PN maupun MA belum menetapkan batas-batas dari 44 hektar tanah sengketa tadi. Semoga yang benar dan yang salah ditunjukkan.Dan semoga tetap dalam kesabaran dan keimanan ya. Amin.

18 Mai 2007
Post a Comment